UU ASN Sudah di Sahkan?

Posted on November 2, 2012. Filed under: Lain-lain | Tags: |

Dalam satu bulan terakhir ini muncul isu tentang sudah disahkannya Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). isu yang di sebarkan melalui pesat singkat (sms) tersebut sangat menyesatkan dan meresahkan masyarakat. Masyarakat harus mewaspadai penipuan yang berkedok informasi jika rancanan undang-undang (RUU) tentang aparatur sipil negara (ASN) sudah disahkan DPR. Melalui informasi sesat ini, penipu menginformasikan jika batas usia pensiun (BUP) PNS sudah dinaikkan dari 56 tahun ke 58 tahun.

Informasi munculnya informasi sesat melalui SMS gelap tersebut, santer diterima Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selain itu, sejumlah PNS di sejumlah daerah juga menerima kabar ini. “Informasi dalam SMS gelap itu tidak benar. Sampai sekarang RUU ASN masih belum disahkan,” tegas Kepala Biro Humas dan Protokol BKN Aris Windiyanto, Minggu (28/10). (sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121029110857-batas-usia-pensiun-pns-tetap-56-tahun

Dirilis oleh laman berita Fajar.co.id, kabar dari SMS gelap ini lumayan banyak. Selain urusan BUP PNS yang naik menjadi 58 tahun, juga soal pemberian tunjangan pensiun. Diantaranya menyebutkan jika uang pesangon bagi pensiunan PNS golongan 2 adalah Rp 500 juta. Selanjutnya untuk golongan 3 senilai Rp 1 M dan golongan 4 sejumlah Rp 1,5 M.

Ada sejumlah motif kejahatan di balik beredarnya SMS gelap ini. Diantaranya adalah meminta imbalan kepada sejumlah PNS yang akan pensiun untuk pengurusan perpanjangan masa pensiun menjadi 58 tahun sesuai dengan RUU ASN yang disebut sudah disahkan.

“Ini saya tegaskan tidak benar. Sudah kami klarifikasi melalui website BKN,” ujar Aris.

Dia mengatakan jika seluruh aturan tentang PNS masih berjalan seperti semula. Belum terpengaruh dengan butir-butir RUU ASN. Karena memang RUU yang pembahasannya lumayan alot ini memang belum disahkan.

Perkembangan terakhir pembahasan RUU ASN ini adalah draf dibahas lagi di internal pemerintah. Dikabarkan jika sejumlah kementerian kembali mengebut penyelarasan RUU ASN pada Kamis (25/6) lalu. Di antaranya pihak yang terlibat adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Di internal pemerintah sendiri, masih terjadi tarik ulur sejumlah pasar di dalam RUU ASN.

Untuk catatan, dalan draft terbaru RUU ASN yang terdapat di DPR disebutkan bahwa nantinya jabatan ASN (PNS) nantinya terdiri dari jabatan administrasi, fungsional, dan eksekutif senior.

Nantinya BUP untuk ASN di posisi jabatan administrasi adalah 58 tahun. Sedangkan untuk BUP ASN di jabatan fungsional akan diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Sementara untuk BUP ASN di jabatan eksekutif senior adalah 60 tahun.

Jabatan administrasi sendiri terdiri dari pelaksana, pengawas, dan administrator. Sementera jabatan fungsional kehalian terdiri dari ahli pertama, ahli muda, ahli madya, dan ahli utama. Untuk jabatan fungsional keterampilan terdiri dari pemula, terampil, dan mahir.

Khusus untuk jabatan eksekutif senior adalah jabatan struktural tertinggi, staf ahli, analisis kebijakan, dan pejabat lainnya yang ditetapkan peraturan pemerintah. (jpnn)

untuk download RUU Aparatur Sipil Negara, silahkan klik disini.

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

4 Responses to “UU ASN Sudah di Sahkan?”

RSS Feed for sugito DOT COM Comments RSS Feed

sebaiknya DPR dan pemerintah jangan terlalu lambat tuk mewancanakan UU ASN ini.
dan saya yakin,jika secepatnya UU ASN di sahkan…pasti berguna bagi rakyat PSN dan negara.

saya anak dari seorang PNS gol:3 yg membutuhkan pertolongan dari adanya pesangon buat PNS tersebut….dan kami sekeluarga sanggat menanti adanya pesangon itu,karena hanya dari pesangon itu kami bisa mengharapkan perekonomian keluarga kami yg lebih baik.

Hendaknya Pemerintah itu segra mengesahkan UU.ASN.tersebut , agar BUPATI & GUBERNUR tidak semena-mena memanfaatkan kekuasaannya untuk memperpanjang fatner politiknya berkuasa kembali sehingga tidak dapat memberi peluang pada yang lain kami mengharapkan dengan gisahkannya UU.ASN.seluruh Pegawai punya Hak yang sama/ Trimakasih Pak.paiminsuirjo

Kalo bicara soal kesewenang-wenangan penguasa lokal, kita ngga bisa bicara banyak, ya.berdoa saja semoga mereka pada insyaf…..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: